DP2KBP3A Inhil Lakukan Expose Percepatan Penurunan Stunting

Inhiltoday.com-Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan expose pelaksanaan percepatan penurunan Stunting, Rabu (27/03/2023) lalu.

Expose yang dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DP2KBP3A Siti Munziarni didampingi jajaran ini dalam rangka kunjungan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Provinsi Jambi ke kantor yang terletak di Jalan Pendidikan Tembilahan tersebut.


Perwakilan DP2KBP3A Inhil Asril dalam paparannya menjelaskan, ada sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan dalam upaya percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Inhil pada tahun 2023 lalu, diantaranya Revisi SK TPPS dan Revisi SK AKS.

"Kita juga memberikan orientasi kepada Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang berjumlah sebanyak 1.143 orang, terdiri dari 381 bidan, 381 kader PKK dan 381 kader KB/IMP," ujarnya.


Selain itu, lanjut Asril, DP2KBP3A juga melaksanakan Rembuk Stunting dan Mini Lokakarya sebanyak 10 kali di setiap kecamatan. Tujuannya, untuk meningkatkan komitmen setiap pihak terkait di tingkat bawah terhadap upaya penanganan stunting.

Setelahnya, kata Asril lagi, DP2KBP3A Inhil melakukan audit kasus Stunting di beberapa Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) yang dilakukan langsung oleh para pakar terdiri dari, dokter anak, dokter kandungan, ahli gizi dan psikologi.

"Dari 6 Puskesmas di 6 Kecamatan yang dilakukan audit terdapat 18 bumil, 39 baduta dan 109 balita yang terdata. Kepada mereka diberikan penanganan lebih lanjut di lapangan," terangnya seraya mengungkapkan bahwa langkah terakhir yang telah dilakukan dalam upaya penurunan Stunting ini adalah Diseminasi audit kasus Stunting.

Adapun kendala yang dihadapi DP2KBP3A di lapangan, diantaranya kondisi geografis Kabupaten Inhil yang terdiri dari Daerah Aliran Sungai (DAS), sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkan itu untuk melakukan aktifitas MCK.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Tanjabbar Hamdani menyatakan bahwa seluruh paparan yang telah diberikan oleh jajaran DP2KBP3A Inhil ini akan dibawa ke daerahnya, untuk kemudian didiskusikan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait guna penekanan kasus Stunting di wilayah setempat.

"Langkah yang kita lakukan ini untuk mendukung upaya pemerintah dalam menurunkan angka Stunting," kata Hamdani didampingi 5 Anggota Komisi III DPRD Tanjabbarat yang turut hadir saat itu.

0 Response to "DP2KBP3A Inhil Lakukan Expose Percepatan Penurunan Stunting"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...