DP2KBP3A Gelar Pertemuan Peningkatan Kapasitas Kader IMP bagi PPKBD


inhiltoday.com-Untuk meningkatkan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE), DP2KBP3A Inhil menggelar pertemuan peningkatan kapasitas kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP)  bagi Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD), Minggu (19/03/2023).
 
Adapun materi yang akan dibahas dalam pertemuan ini adalah tentang Peningkatan Kapasitas Kader IMP bagi PPKBD Kabupaten Indragiri Hilir.


Peserta yang mengikuti pertemuan ini sebanyak 20 orang peserta pelatihan dari tiap-tiap kecamatan yang diwakili oleh 1 satu orang.

Subowo Radiyanto, SKM MKes selaku Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan menjelaskan IMP pada hakikatnya merupakan wadah pengelolaan dan pelaksanaan program KB Nasional mulai dari tingkat desa/keluruhan, dusun/RW hingga tingkat RT. Ada 7 (tujuh) PKB di 6 (enam) Kecamatan, masih ada 14 Kecamatan yang tidak ada PLKB.


IMP ditingkat desa/kelurahan dinamakan PPKBD yaitu seseorang atau bebrerapa orang kader dalam wadah organisasi yang secara sukarela berperan aktif melaksanakan/mengelola program KB ditingkat desa/kelurahan.

Sementara ditingkat dusun/RW dinamakan Sub PPKBD yaitu seseorang atau beberapa orang kader dalam wadah organisasi dengan peran yang sama ditingkat dusun/RW.


Sedangkan ditingkat RT dinamakan Kelompok KB (Pok KB) yakni seseorang atau beberapa orang kader dalam wadah organisasi yang secara sukarela berperan aktif melaksanakan /mengelola program KB ditingkat RT.

"Ada 1212 PPKBD/Sub PPKBD selama ini belum pernah dilakukan pelatihan terhadap PPKBD/Sub PPKBD," lanjutnya.

Saat ini, khususnya pada otonomi daerah peran Kader IMP dikatakannya sangatlah penting dan menjadi satu kekuatan yang dapat diandalkan untuk tetap dapat mempertahankan keberhasilan program KB di masyarakat.

"Tanpa Kader IMP, Program KB di Indonesia dipastikan tidak akan berjalan lagi dan tidak akan mampu mempertahankan keberhasilan yang dicapai," ujar Subowo.


0 Response to "DP2KBP3A Gelar Pertemuan Peningkatan Kapasitas Kader IMP bagi PPKBD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...