Wakili Bupati, Sekdakab Inhil Ikuti Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP Tahun 2021

Inhiltoday.com-Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Drs.Afrizal, MP mengikuti penyerahan hasil evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Pelaksanaan Birokrasi Instansi Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota TH 2021 secara virtual melalui media zoom meeting lansung dari ruang multimedia Diskominfo Pers Kompleks Kantor Bupati, Jl.Akasia No.1, Selasa (5/4/2021). 

Dari laporan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI melalui Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Erwan Agus Purwanto menyebutkan bahwa hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) RB tahun 2021 terjadi peningkatan.

Beliau juga menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan hari ini merupakan penghujung dari rangkaian evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan reformasi birokrasi setelah sebelumnya dilakukan serangkaian tahapan evaluasi.

Dimana kegiatan evaluasi ini tersebut bertujuan untuk memastikan kemajuan implementasi SAKIP dan RB serta memberikan saran perbaikan bagi seluruh kementerian, lembaga, pemerintah provinsi dan kabupaten kota.

Untuk diketahui bahwa pada tahun 2021 evaluasi telah dilakukan terhadap 79 Kementerian lembaga, 34 pemerintah provinsi, 494 kabupaten/Kota (SAKIP), 441 kabupaten/kota (RB), dengan unit sampel evaluasi mencapai kurang lebih 22.000 unit kerja.

Hasil dari reformasi tersebut adalah terjadi peningkatan rata-rata nilai sakip yaitu pada tingkat Kementerian lembaga menjadi 71,30 dari sebelumnya 70,75. Pada pemerintah provinsi menjadi 70,88 dari sebelumnya 70,02. Dan pada pemerintah kabupaten dan kota menjadi 61,60 dari sebelumnya 60,68.

Untuk itu, ia berharap melalui penyerahan hasil evaluasi SAKIP dan RB 2021 ini, seluruh Pemda dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas SAKIP dan RB di tahun yang akan datang.

Turut mendampingi Sekda pada kesempatan tersebut, Asisten I,II dan III    Setda Inhil serta Kepala Inspektorat dan Bagian Organisasi Setda Inhil. (adv)

0 Response to "Wakili Bupati, Sekdakab Inhil Ikuti Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP Tahun 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...