Hari Tuberculosis Dunia, PRKS Puri Husada Tembilahan Lakukan Penyuluhan Tentang TBC

 

Inhiltoday.com-Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Puri Husada Tembilahan menggelar pemyuluhan penyakit Tuberkulosis dan upaya pencegahannya, Kamis (24/32022). 

Acara yang dipusatkan di Gedung RSUD Puri Husada Tembilahan tersebut menyasar para pasien dan keluarga pasien yang menunggu antrian berobat di rumah sakit. 


dr Alexis Hermansyah, Sp.P dokter spesialis Paru RSUD Puri Husada Tembilahan sebagai narasumber menjelaskan apa itu Tuberkulosis dan bagaimana cara pengobatannya serta pencegahannya. 

Dijelaskan dr Alexis, Tuberkulosis atau yang lebih dikenal penyakit TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Bakteri TBC menyerang hampir semua bagian tubuh, yang paling sering tekena adalah paru-paru manusia. 

"TBC dapat menyerang siapa saja, terutama usia produktif 15-50 tahun dan anak-anak," ungkap dr Alexis yang juga merupakan Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Inhil. 


Bahaya TBC diungkapkan dr Alexis, dapat menyebalkan kematian apabila tidak diobati. Hampir 50 persen pasien TBC meninggal setelah 5 tahun menderita penyakit tersebut. 

Lanjut dr Alexsis, gejala utama penderita Tuberkulosis biasanya mengalami batuk berdahak terus menerus selama 2 minggu atau lebih. Dan biasanya pasien mengalami batuk dahak  berdarah, sesak nafas, nyeri di dada. 

"Itu biasanya disertai badan lemah, nafsu makan menurun, berat badan terus turun," ujarnya. 


Lanjutnya lagi, bahaya TBC beresiko menularkan ke orang lain, pasien TB paru dengan BTA Positif memberikan resiko penularan lebih besar dari pada pasien TB dengan BTA Negatif. 

"Resiko seseorang terpapar kuman TB ditentukan oleh jumlah percikan dahak dalam udara dan lamanya menghirup udara tersebut," ungkap dr Alexis. 

Ia menyarankan, jika ada pasien TB BTA Positif maka harus dilakukan pemeriksaan kontak serumah yang memiliki gejala. 

Sementara itu dalam proses penyembuhan dijelaskan dr Alexis, pasien harus teratur minum obat sesuai anjuran dokter selama 6 bulan. Tidak hanya itu, dalam proses penyembuhannya, melibatkan anggota keluarga untuk mengawasi dan memastikan penderita TB minum obat dengan teratur. 

Diakhir pemaparan narasumber, dibuka sesi tanya jawab dan pemberian sovenir yang bagi mereka yang bertanya pada sosialisasi dan edukasi tentang Tuberkulosis.







0 Response to "Hari Tuberculosis Dunia, PRKS Puri Husada Tembilahan Lakukan Penyuluhan Tentang TBC "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...