New PLN Mobile Hadir, Layanan Kelistrikan Bisa Dilakukan Hanya dengan Menjentikkan Jari


Inhiltoday.com-Di era digitalisasi atau yang saat ini disebut dengan era 4.0 ini, segala sesuatu telah berubah menjadi lebih mudah, semua aspek kehidupan yang dulu terasa sulit, kini hanya dengan menjentikkan jari saja, keinginan akan terpenuhi.

Tuntutan era yang semakin canggih inilah, membuat Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus berinovasi, salah satunya adalah menghadirkan New PLN Mobile.

Menurut Direktur utama PT PLN, Zulkifli Zain, PLN hadir bersama rakyat Indonesia untuk membangun dan mendorong kemajuan Negeri. Dimana PLN terbukti sukses menghadapi tantangan yang ada, dengan menunjukkan karakter yang berdedikasi, penuh pengorbanan dan loyal pada tugas.

"PLN berinovasi menghadirkan New PLN Mobile untuk menjawab tuntutan zaman, dengan menangkap peluang yang ada dan memberikan solusi terbaik kepada pelanggan dengan layanan yang andal, berkualitas, terintegritas dan terkonsilidasi untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan dan customer experience," jelas Zulkifli Zain.

Sebelum hadirnya New PLN Mobile, terlebih dahulu PLN telah meluncurkan aplikasi PLN Mobile pada 31 Oktober 2016. Kemudian di Desember 2020, PT PLN kembali meluncurkan New PLN Mobile.

New PLN Mobile sendiri hadir sebagai platform digital unggulan untuk memenuhi semua kebutuhan pelanggan, memberikan kemudahan serta pengalaman layanan listrik yang berbeda.

Saat ini, New PLN Mobile memiliki beberapa fitur utama, yaitu pembelian token bagi pelanggan pra bayar, pembayaran tagihan listrik bagi pelanggan paska bayar, monitor penggunaan listrik dan pembelian token. PLN Mobile juga hadir dalam kemudahan transaksi untuk pembayaran tagihan dan pembelian token listrik yang bekerja sama dengan beberapa Bank dan Fintech.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pelanggan untuk mengajukan layanan pengubahan daya, swadaya catat angka meter (Swacam), serta layanan pengaduan pelanggan.

"PLN Mobile juga menjadi alat komunikasi PLN dengan pelanggannya. Saat mengajukan pengaduan, pelanggan akan mendapatkan informasi progres penyelesaian gangguan," ucap Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.

Dirinya menambahkan, PLN Mobil juga telah dicustomized untuk memberikan informasi hanya pada pelanggan yang terdampak saja.

"Kami gunakan teknologi geospatial, sehingga posisi setiap pelanggan dapat diketahui, dan informasi apa yang paling mereka butuhkan dapat dikelola secara akurat. Semua upaya ini kami lakukan demi memberikan pelayanan prima kepada para pelanggan kami, demi kepuasan pelanggan PLN," jelas Darmawan.

Saat ini PLN Mobile sudah bisa diunduh baik di perangkat Android dan juga iOS. Bagi yang telah mengunduh versi lama hanya tinggal memperbarui aplikasi saja.

Aplikasi ini dibangun oleh PLN sendiri, dari product development hingga GM tiap wilayah. Dengan begitu bisa memberikan masukan dari fitur yang ada dalam aplikasi.

Hingga saat ini, New PLN Mobile telah didownload lebih dari 5 juta pelanggan. Sementara untuk Indragiri Hilir (Inhil) sendiri hingga Senin (28/6/2021) sebanyak 16.972 pelanggan telah menginstal aplikasi PLN Mobile.

Dari 16.972 pelanggan tersebut, 6.380 berasal dari pelanggan PLN UPT Kuala Enok dan 10.592 dari pelanggan PLN UPT Tembilahan.

Manager UPT PLN Tembilahan, Moh Hosen menjabarkan pelanggan akan merasakan pelayan lebih cepat saat menggunakan PLN Mobile karena semua bisa diakses secara real time.

"Dengan hadirnya New PLN Mobile, semoga dapat memberikan pengalaman baru dan meningatkan kepuasan pelanggan," harap Hosen.

Pejabat tertinggi di Inhil yang telah lama menggunakan aplikasi PLN mobile adalah Skeretaris Daerah Kabupaten Inhil, Afrizal. Ia menjelaskan layanan yang telah digunakannya adalah tambah daya, bayar tagihan dan laporan pengaduan

"Aplikasi mudah digunakan, dan sangat membantu pelanggan. Seperti saya mau tambah daya, saya tidak datang perlu datanh ke kanyor PLN," terang sekdakab Inhiln

Dengan telah hadirnya PLN Mobile ini, Afrizal berharap PLN lebih giat melakukan sosialisasi tentang aplikasi, dan semakin meningkatkan kehandalan aplikasi.

Salah seorang warga Inhil yang juga mengggunakan layanan PLN Mobile ini mengatakan dengan hadirnya PLN Mobile lebih memudahkan dirinya dalam mendapatkan pelayanan.

"Saya biasanya jika kehabisan token harus keluar rumah dulu, cari tempat yang jual token. Dengan telah hadirnya PLN Mobile ini saya tidak perlu lagi menguraa tenaga untuk pergi ke outlet," cerita pria bernama Muhammad ini.




0 Response to "New PLN Mobile Hadir, Layanan Kelistrikan Bisa Dilakukan Hanya dengan Menjentikkan Jari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...