Hidup Memprihatinkan, Kementerian Sosial Bersama Kadisos Inhil dan Camat Kunjungi 127 Warga Inhil di Dalam Hutan


Inhiltoday.com-Sebanyak 127 warga Indragiri Hilir (Inhil) yang lebih dikenal dengan sebutan Suku Anak Dalam hidup dalam kondisi memprihatinkan di dalam hutan di Dusun Suka Jadi, Kelurahan Selensen, Kecamatan Kemuning.

Sejak lahir tinggal di dalam hutan dengan kondisi seadanya, membuat warga yang terdiri dari 27 Kepala Keluarga itu jauh dari perhatian banyak pihak.

Hingga akhirnya, Kamis (24/6/2021), Direktur Pemberdayaan KAT Kementerian Sosial RI, Anie Sulistyaningsih didampingi pejabat dari Dinas Sosial Riau, Kepala Dinas Sosial Inhil, HM Arifin, Camat dn Unsur Forkopicam Kemuning serta Tim Nasi Uduk Disdukcapil Inhil datang berkunjung ke kawasan hutan tempat mereka tinggal tersebut.

Camat Kemuning, Marzuki menjabarkan bahwa selama ini kehidupan suku anak dalam sangat memprihatinkan.

"Kami berharap dengan kedatangan ibu Anie ini bisa membantu saudara-saudara kita ini. Kita berharap mereka memiliki tempat berteduh yang layak," ujar Marzuki.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Inhil, HM Arifin menjelaskan, selama ini Suku Anak Dalam ini tinggal di bawah pohon dan sering berpindah-pindah, sehingga sangat sulit untuk dilakukan pemantauan dan pembinaan.

"Ibu anie sudah menjanjikan akan  memberikan bantuan tempat tinggal. Jadi kepada bapak ibu, ketika sudah jadi rumahnya, harus tinggal menetap di rumah itu, supaya kita bisa memantau keberadaan dan program-program pembinaan dan pemberdayaan akan sangat mudah kita berikan," sebut Arifin.

Selain itu, Mantan Kabag Kesra Inhil ini juga menjelaskan, jika sudah memiliki rumah, jika ada bantuan, pihaknya akan lebih mudah menyalurkannya.

"Bantuan pembangunan rumah ini semoga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Karena bantuan ini ada unsur pendidikan dan pemberdayaan. Oleh karena itu, persiapannya diawali dengan pembentukan kelompok yang akan melakukan pembanguan, sekaligus perpanjangan tangan anggota yang tentu didampingi oleh LKS dan TPSK serta pak Lirah dan Pak Camat, agar program ini berjalan dengan baik tepat sasaran dan dapat  di pertanggung jawab kan," papar Arifin

Sementara itu, Direktur Pemberdayaan KAT Kementerian Sosial RI, Anie Sulistyaningsih menjelaskam bahwa skema pemberdayaan KAT lebih mengutamakan pemberdayaan manusia.

"Rumah itu adalah sebagai instrument sarana agar mereka bisa mengembangkan diri, kemudian membuat produk, kita ingin disetiap lokasi KAT ada produk unggulan dari masyarakatnya, dan yang terakhir adalah lingkungan," cetus Anie.

Untuk diketahui, dalam kunjungan tersebut juga dilakukan pemberian sembako kepada suku anak dalam serta perekaman KTP elektronik oleh Disdukcapil Inhil.

Kemudian untuk pembanguan 27 unit rumah untuk Suku Anak Dalam di Kelurahan Selensen tersebut direncanakan akan dibangun Juli 2021.

0 Response to "Hidup Memprihatinkan, Kementerian Sosial Bersama Kadisos Inhil dan Camat Kunjungi 127 Warga Inhil di Dalam Hutan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...