Kebun Kelapa Hancur Warga Mengadu ke DPRD Inhil


TEMBILAHAN  - Warga Desa Sungai Bela, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra), Indragiri Hilir (Inhil), Riau mendatangi kantor DPRD, Senin (16/12/2019).

Kedatangan mereka tidak lain untuk mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPRD Inhil terkait permasalahan kebun mereka yang hancur dan lahan mereka yang diserobot.

Seperti yang dijelaskan Kuasa hukum masyarakat Desa Sungai Bela, A Nawawi permasalahan ini sudah terjadi sejak tahun 2015 dan hingga kini belum ada titik terangnya.

Ia pun menambahkan, sesuai dengan surat kuasa yang ia terima dari Agus, penyerobotan lahan sekitar 200 hektar diduga dilakukan oleh PT  Indogreen Jaya Abadi (IJA).

"Ada banyak masalah yang terjadi dengan pihak perusahaan ini. mulai penyerobotan, masalah hama kumbang, hingga intrusi air laut akibat pembuatan kanal perusahaan," pungkasnya.

Masyarakat, dikatakannya berharap lahan tersebut bisa dikembalikan atau dilakukan ganti rugi.

Sementara itu Agus salah seorang warga mengungkapkan, dirinya dan warga memiliki satu batang parit lahan, yang sebagian besar sudah ditanami pohon kelapa.

"Kami meminta kepada Komisi I untuk memperjuangkan nasib kami ini. Kalau tidak, kemana lagi kami harus mengadu," ujarnya 

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Inhil Razali mengatakan, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk melengkapi data lahan yang diserobot oleh perusahaan. Data itu sangat penting, sebagai acuan nantinya ketika memanggil pihak terkait.

"Terkait dengan hama kumbang dan kerusakan lainnya akibat beroperasi perusahaan ini, menjadi wewenang dari Komisi II. Kita fokus terkait dengan sengketa lahan, untuk itu mohon datanya dilengkapi," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Muammar, ia berharap data lahan yang diserobot untuk dilengkapi . Supaya nantinya pembahasannya tidak terjadi berulang-ulang.

Editor : Rida Ayu Agustina

0 Response to "Kebun Kelapa Hancur Warga Mengadu ke DPRD Inhil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...