Diskop UKM Akan Data Pelaku Usaha di Inhil

Inhiltoday.com-Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Inhil akan melakukan pendataan bagi pelaku usaha Kecil Menengah baik skala mikro dan  Makro dengan  memberikan pelayanan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB)

"Kegiatan yang sudah direncanakan dan akan dilaksanakan secepatnya membantu memberikan bimbingan dan pembinaan kepada para pelaku Usaha dalam membantu penerbitan NIB.

" Sebenarnya kita sudah punya aplikasi untuk pendaftaran,hanya saja tidak semua Pelaku mampu menggunakannya, maka kita fasilitasi pembuatan tersebut dikanti ," ucap Kadiskop UMKM Inhil, Ilyanto.

Ia menambahkan, cukup sediakan Nomor Induk KTP (NIK) dan email proses selama 15 Menit langsung jadi 

"Presiden sudah menargetkan bahwa setiap hari target pendataan UMKM harus 100.000 sampian hari ini  baru sekitar 8.000,jadi cukup banyak lagi yang belum terdata,"

"Untuk Inhil memiliki 41.000 UMKM baik skala mikro atau makro yang belum semuanya terdata,"sambung Kadiskop 

Selama ini data UMKM yang ada di Inhil masih ada yang  belum terdata, padahal potensinya sangat besar sekali. Paling tidak nantinya UMKM yang ada dapat meningkatkan potensi lokal di Inhil khususnya di daerah masing-masing," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa memfasilitasi perizinan UMK berbasis risiko rendah ini merupakan sebuah upaya dalam memfasilitasi masyarakat yang memiliki legalitas usaha berupa NIB.

“NIB adalah identitas pelaku usaha dalam rangka pelaksaanaan kegiatan berusaha sesuai bidang usaha. NIB ini wajib dimiliki oleh pelaku usaha yang ingin mengurus perizinan berusaha bisa langsung ke kantor UMKM Inhil," tuturnya.

Terakhir, UMKM Inhil akan terus Himbauan kepada masyarakat agar membuat NIB bahkan UMKM Inhil siap layani masyarakat tanpa pungutan Biaya.

“Melalui pendataan usaha masyarakat di Kecamatan diharapkan akan muncul produk unggulan yang ada di Inhil bahkan pembuatan NIB gratis," tutupnya.


0 Response to "Diskop UKM Akan Data Pelaku Usaha di Inhil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...