PKRS Puri Husada Tembilahan Ingatkan Batas Waktu Penggunaan Obat Setelah Kemasan Dibuka

 

Inhiltoday.com-Apoteker Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan, Apt Muthia Antasari S Farm hadir sebagai narasumber pada acara Bual-bual Sehat di Radio Gemilang FM, Rabu (02/3/2022).

Kehadiran ibu tiga anak di radio tersebut untuk mengenalkan apa itu Beyond Use Date kepada para pendengar Gemilang FM.

Ditaja penyiar kawakan Gemilang FM, Zulkifli, Muthia memaparkan bahwa Beyond Use Date adalah batas penggunaan produk obat setelah kemasan obat dibuka.

"Ini berbeda dengan expired date, kalau expired date adalah batas waktu obat masih dapat digunakan," paparnya.



Dilanjutkannya batas waktu penggunaan produk obat setelah diracik/ disiapkan atau setelah kemasan primernya dibuka/dirusak. Kemasan primer disini berarti kemasan yang langsung bersentuhan dengan bahan obat, seperti: botol, ampul, vial blister, dan lainnya.

Ditambahkannya, obat yang ditemui di pasaran, baik yang dibeli di apotik maupun diresepkan oleh dokter memiliki masa pemakaian tertentu. Batas waktu pemakaian obat memiliki dua macam, yaitu tanggal kadaluarsa dan beyond use date (BUD).

"Beyond Use Date (BUD) penting untuk diketahui, Ketidakstabilan obat bisa terlihat dari perubahan bentuk, warna, rasa, dan bau obat. Misalnya sirup antibiotika sudah berubah warna setelah satu bulan dibuka atau sediaan puyer yang berubah menjadi menggumpal setelah enam bulan dibuka bungkusnya," paparnya.


Kurangnya pengetahuan masyarakat Indonesia tentang BUD dan seringkali menyimpan obat dalam jangka waktu yang lama tanpa pertimbangan lebih lanjut mengenai kondisi kestabilan obat. Dapat memberikan efek jangka pendek atau jangka panjang seperti adanya efek toksik, resistensi terhadap obat, menurunnya efektivitas obat, serta efek membahayakan lainnya bagi individu itu sendiri. 

"Jadi intinya kita harus menyiapkan spidol ya bu, sehingga ketika kita pertama membuka menggunakan obat bisa mencatatan tanggal penggunaan awal," ujar Zulkifli menimpali.

Zulkifli meringkaskan, bahwa kita sebagai pasien atau konsumen harus lebih aktif bertanya kepada apoteker ketika mengambil atau membeli obat. Karena dikatakannya, obat yang sudah berubah bentuknya ini bisa berbahaya dari jika dikonsumsi.

Berikut ini petunjuk umum penetapan BUD obat :

Obat yang diminum mengandung air = BUD tidak lebih dari 14 hari jika disimpan pada suhu dingin yang terkontrol    

Obat cair / semipadat secara oles topical/dermal/mucosal = BUD tidak lebih dari 30 hari

Obat yang tidak mengandung air   = BUD tidak lebih dari 25% waktu yang tersisa dari masing-masing obat hingga kadaluwarsa atau 6 bulan dipilih yang lebih singkat.




0 Response to "PKRS Puri Husada Tembilahan Ingatkan Batas Waktu Penggunaan Obat Setelah Kemasan Dibuka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...