Talkshow di Radio Gemilang FM, RSUD Puri Husada Tembilahan Talkshow Tentang Kanker Serviks

Inhiltoday.com-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan kembali melakukan Talkshow. Kali ini, membahas tentang Kanker Serviks di Radio Gemilang FM, Diskominfo Persantik Kabupaten Inhil, Jalan Akasia Tembilahan, Rabu (23/02/2022).

Saat itu, soal kanker serviks dijelaskan oleh dr. Gusfrizer. SpOG dan didampingi Promosi Kesehatan RSUD Puri Husada Tembilahan; Astika Kusuma Dewi SKM, Endang Faridawati SKM, dan Ns Lia Elvina, S.Kep.

Dijelaskan dr. Gusfrizer. SpOG, Serviks ini merupakan bagian dari rahim yang berbentuk silinder dan terhubung dengan vagina.

Keganasan penyakit ini disebabkan Human Papiloma Virus (HPV) yang dialami oleh wanita. Tentunya wanita yang telah berhubungan seksual.

"Wanita yang mempunyai faktor resiko kanker serviks diantaranya karena berganti-ganti pasangan, menikah kurang dari 18 tahun, dan juga akibat rokok," jelasnya.


Banyak yang mengira juga akibat keturunan, sebenarnya kata dokter, kangker ini tidak terjadi akibat keturunan. Di luar dari HPV hanya 0,3 persen saja. Artinya, HPV lah menjadi faktor utama kanker serviks. Kanker ini bisa berkembang sampai 15 tahun.

"Untuk pencegahannya, kanker serviks bisa dicegah dengan vaksin. Beda dengan kanker payudara yang tak memiliki vaksin. Namun masukan dari saya, untuk menghindarinya adalah tidak berhubungan lebih dari 1 dan tidak menikah muda dibawah 18 tahun," sarannya.




0 Response to "Talkshow di Radio Gemilang FM, RSUD Puri Husada Tembilahan Talkshow Tentang Kanker Serviks"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...