Dibuka Bupati, Untuk Pertama Kalinya Disos Gelar Bimtek bagi Organisasi Sosial di Inhil

Inhiltoday.com-Untuk pertama kalinya, Dinas Sosial (Disos) Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi organsisa sosial dan perseorangan yang ada di Inhil.

Bimtek bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Sosial (LK3), Peningkatan Kapasitas SDM, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) tersebut dibuka langsung oleh Bupati Inhil, HM Wardan Senin (8/11/21).

Adapun peserta Bimtek merupakan 42 orang dari LKS dan LK3 serta 20 orang dari PSM.



Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa Pemkab Inhil sendiri memberikan kesemapatan yang luas kepada setiap individu untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan kesejahteraan sosial. Baik melalui wadah LKS, LK3 atau PSM.

"Saya harap, semua peserta mengikutinya dengan sungguh-sungguh, kalau ada yang kurang dimengerti bisa dipertanyakan sehingga tercapai tujuan sari bimtek ini. Semoga apa yang menjadi tujuan dan program ini bisa terlaksana dengan baik," sebut HM Wardan.



Sementara itu, Kepala Disos Inhil, HM Arifin menuturkan bahwa, Disos Inhil sengaja memprogramkan kegiatan ini untuk meningkatkan peran serta LKS, LK3 DAN PSM dalam melaksanakan pengabdiannya kepada masyarakat.

"Kenapa kegiatan ini menjadi prioritas bagi Disos di tahun 2021 ini. Karena kami memandang selama ini mereka (LKS,LK3 dan PSM red) selama ini terkesan jalan sesuai dengan presepsinya masing-masing, sehingga sering terjadi perbedaan pandangan dan persepsi dalam menangani permasalahan sosial," ujar Arifin.

Arifin berharap, kedepannya rasa kebersamaan dan kemitraan LKS, LK3 dan PSM tebangun dan tepupuk dengan baik, serta memiliki pandangan  dan persefsi yang sama. Sehingga jika ada permasalahan sosial bisa ditangani secara bersama dan saling bahu membahu.



Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Provinsi Riau, Raya Pribadi selaku narasumber pada Bimtek tersebut menambahkan bahwa pihaknya memberikan atensi besar, karena kepedulian Pemkab Inhil terhadap urusan-urusan sosial dengan memberikan penyuluhan dan pembekalan terhadap para Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensos) dengan mengundang tokoh-tokoh masyarakat.

"Inhil juga melakukan penyuluhan kepada TKSK, yang saya fikir itu penting, menyamakan persepsi TKSK. Dinsos memberikan penyuluhan pembentukan LKS, temen-temen PSKS, karena pilar-pilar Kemensos itu tidak akan bisa bekerja dengan baik di kementerian sosial kalau LKSnya tidak diberdayakan," tukasnya.


0 Response to "Dibuka Bupati, Untuk Pertama Kalinya Disos Gelar Bimtek bagi Organisasi Sosial di Inhil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...