Zulaikhah Wardan : Keberhasilan Anak Ditentukan Lingkungan Keluarga

Inhiltoday.com-Bunda PAUD Indragiri Hilir (Inhil), Zulaikhah Wardan menyebut bahwa keberhasilan anak ditentukan oleh lingkungan keluarganya.

Hal tersebut, dikatakan Istri Bupati Inhil, HM Wardan itu saat menjadi Pembicara Utama (Keynote Speaker) dalam Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Episode 3, Senin (28/9/2020).

Seminar online ini dilakukan melalui Zoom di Studio Televisi Lokal (Gemilang Televisi), Kompleks Kantor Bupati, Jalan Akasia Tembilahan.

Dalam penjabarannya, Zulaikhah menyebut usia dini ialah masa golden age bagi anak. Apabila anak diberi stimulan secara intensif dari lingkungan, maka anak dapat menjadi pribadi yang baik. PAUD adalah salah satu wadah bagi anak untuk mengeksplor dirinya dalam bermain.

"Berikan kebebasan pada anak. Jangan memaksa kehendak guru, artinya Guru adalah sebagai fasilitator. Saya mengimbau dan berharap jangan sampai ada anak usia dini yang tidak terlayani pendidikannya walaupun dalam masa pandemi covid-19," ujar Zulaikhah.

Meski demikian, imbuhnya, yang paling menentukan keberhasilan anak ialah lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga yang kondusif mempengaruhi perkembangan sosialisasi, kreativitas, moral, dan peningkatan kapasitas diri dalam ukuran mendekati kesempurnaan.

"Proses pembentukan pribadi tampak sangat dominan dalam usia dini. Keluarga adalah lembaga pendidikan pertama dan utama dalam pembentukan jati diri. Pedoman perilaku anak yang dikembangkan oleh orang tua merupakan payung umum," paparnya.

Dikatakannya, pendidikan keluarga yang benar menjadi modal utama membentuk anak menjadi bertanggung jawab, percaya diri, menghargai perdamaian, tumbuh rasa cinta, kejujuran, toleransi, kesederhanaan, dan persatuan.

0 Response to "Zulaikhah Wardan : Keberhasilan Anak Ditentukan Lingkungan Keluarga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...