Diskes Gelar Pertemuan Pemutakhiran Analisa Data Profil

Inhiltoday.com-Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar pertemuan pemutakhiran dan analisa data profil tahun 2023.  Acara yang dihadiri dan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Rahmi Indrasuri SKM MKI diwakili oleh sekretaris Wanhar SSos Msi baru-baru ini.

Dalam sambutannya, Wanhar menjelaskan, Profil kesehatan adalah merupakan salah satu sarana untuk menggambarkan situasi dan kondisi kesehatan masyarakat di satu wilayah yang memuat berbagai data tentang keadaan/kondisi kesehatan masyarakat, upaya kesehatan, sumber daya kesehatan serta data dari sektor terkait yang mempengaruhi pelayanan kesehatan. 


"Profil Kesehatan merupakan salah satu sarana untuk mengevaluasi hasil penyelenggaraan pembangunan kesehatan, termasuk pelayanan minimal bidang kesehatan di kabupaten/kota. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa profil kesehatan pada intinya adalah data dan informasi yang menggambarkan situasi dan kondisi kesehatan di daerah tersebut,"jelasnya.

Ketersediaan data dan informasi, lanjut Wanhar, memegang peranan penting di dalam menunjang pelaksanaan maupun keberhasilan pembangunan kesehatan. Data dan informasi yang benar dan lengkap serta tepat waktu adalah sumber daya yang sangat strategis bagi pimpinan di semua lini organisasi bidang kesehatan. Dengan data dan informasi, pimpinan membuat sebuah keputusan dan menyusun rencana untuk mengatasi masalah yang ditemukan. 


"Sebagai salah satu upaya meningkatkan ketersediaan data dan informasi kesehatan yang dikemas dalam profil kesehatan tersebut adalah melalui Pertemuan pemutakhiran dan Analisa data profil tahun 2023 dengan Kepala Puskesmas / Kasubbag tata usaha dan para petugas pengelola/penyusun profil kesehatan di puskesmas,"tuturnya.

Kepada peserta pertemuan saya harapkan agar dapat mengikutinya dengan baik sehingga ilmu yang di dapat dalam pertemuan ini bisa menjadi pedoman dalam penyusunan profil tingkat puskesmas.

"Kepada pengelola program dinas Kesehatan saya harapkan juga agar dapat melaporkan data terkait profil Kesehatan kabupaten Indragiri hilir setiap awal tahun kepada perencanaan agar data yang di berikan dapat secepatnya di olah untuk menjadi profil Kesehatan kabupaten,"pesannya.

0 Response to "Diskes Gelar Pertemuan Pemutakhiran Analisa Data Profil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...