Bangkitkan Semangat, Mahasiswa KKN Unri Tampilkan Kesenian Khas Kalimantan di Hadapan WargaTempuling


Inhiltoday.com-Perubahan orientasi hidup dan kebudayaan masyarakat membuat tradisi lisan apa pun bentuknya kian memudar dan terancam. Hal itu tidak bisa dimungkiri. Begitu juga dengan madihin, meskipun di daerah-daerah tertentu kita masih menemukan keberlangsungannya, misalnya di beberapa daerah di Kalimantan Selatan dan Indragiri Hilir yang mayoritasnya orang-orang banjar.

Madihin merupakan salah satu kesenian yang berasal dari provinsi Kalimantan Selatan, kesenian ini juga berkembang di kalangan masyarakat Kelurahan Sungai Salak, Kecamatan Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir. Namun peminat dari kesenian madihin ini mulai berkurang. Jarang sekali ada anak muda yang tertarik untuk mempelajarinya. Seiring berjalannya waktu, kesenian daerah akan semakin tertinggal di hati masyrakatnya.

Maka dari itu tim Kukerta Balek Kampung Universitas Riau 2022 Kelurahan Sungai Salak menampilkan kesenian ini depan khalayak ramai, tepatnya di kantor Lurah Sungai Salak, Kamis (21/6/22). Kami berusaha untuk membangkitkan lagi semangat anak-anak muda Sungai Salak untuk mempelajarinya. 

“Kami menemukan momen yang pas untuk membangkitkan kembali semangat anak-anak muda Sungai Salak dengan menampilkan madihin di acara syukuran pelantikan Lurah Sungai Salak yang baru. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua RT se-Sungai Salak, Ketua RW se-Sungai Salak, ibu-ibu PKK, dan anak-anak muda kelurahan Sungai Salak” ujar Ceria Defnanda selaku ketua tim Kukerta Balek Kampung Universitas Riau 2022 Kelurahan Sungai Salak.

Lurah Sungai Salak Mispan, SE menyampaikan rasa bangganya kepada Kukerta Balek Kampung Universitas Riau 2022 Kelurahan Sungai Salak karena sudah mau mempelajari dan menampilkan kesenian madihin ini karena sangat jarang anak muda yang mau belajar kesenian ini. Tidak hanya itu, kesenian tersebut juga ditampilkan dengan tampilan yang berbeda yaitu diselingi dengan bahasa Indonesia.

"Kami berharap, penampilan kami dapat memicu semangat anak-anak muda Sungai Salak untuk berbondong-bondong mempelajari kesenian madihin ini. Dapat menghilangkan gengsi di hati anak-anak mudanya untuk mempelajari kesenian daerahnya sendiri", pungkas Firajul Afkar Asra selaku anggota tim Kukerta Balek Kampung Universitas Riau 2022 Kelurahan Sungai Salak sekaligus pemadihin pada acara tersebut.

0 Response to "Bangkitkan Semangat, Mahasiswa KKN Unri Tampilkan Kesenian Khas Kalimantan di Hadapan WargaTempuling"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...