Mahasiswa Program Studi Budidaya Perairan Unisi Perkenalkan Pengelolaan Ikan ke Siswa SD dan SMP 

Inhiltoday.com-Mahasiswa Program Studi Budidaya Perairan, Universitas Islam Indragiri (Unisi) melakukan penyuluhan pengenalan bidang perikanan dan kelautan kepada siswa SD dan SMP Alam Tahfiz Qur'an Tembilahan, Jumat (3/6/2022). 

Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Kepala Sekolah Alam, Ustadzah Rizqi Agustini, S psi beserta jajaran majelis guru dan siswa.  Kepala sekolah mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini dan berharap dapat nenjadi progran berkelanjutan dan dilaksanakan di sekolah alam Tahfiz Tembilahan.

Kegiatan yang dipimpin Dosen Arief Rachman. B, S.Pi., M.Si tersebut tidak hanya memperkenalkan cara membudidayakan ikan di dalam kolam. Tetapi langsung diperkenalakan dengan cara memperaktekannya secara langsung. 

"Kita ingin memberikan edukasi secara langsung kepada mereka (siswa), bagaimana cara yang benar membudidayakan ikan," jelas Arief. 

Ia juga menambahkan, dipilihnya sekolah ini menjadi tempat untuk memperkenalkan budi daya ikan, karena sekolah telah memiliki kolam ikan namun tidak terawat. 

"Sekolah sudah punya kolam, tapi tidak terawat dengan baik. Jadi kami  bantu bersihkan dan panen ikannya," lanjutnya. 

Dalam kegiatan penyuluhan tersebut, Arief juga mempersentasikan jenis ikan apa yang mudah dirawat oleh siswa SD dan SMP.  Kemudian dilanjutkan oleh mahasiswa yang mempersentasikan teknik dan metode perawatan ikan cupang, serta pemberian hadiah berupa ikan cuoang kepada siswa yang mampu menjelaskan teknik dab metode perawatan ikan cupang.

Adapun kegiatan yang dilakuka para mahasiwa Program Studi Budidaya Perairan itu adalah memberikan penyuluhan ilmu perikanan dan kelautan, pembersihan kolam ikan, penyortiran dan panen ikan, serta pembersihan jalan lokasi out bound.




0 Response to "Mahasiswa Program Studi Budidaya Perairan Unisi Perkenalkan Pengelolaan Ikan ke Siswa SD dan SMP "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...