Bual-bual Sehat Gemilang FM Hadirkan Dokter Karlince, Bahas Hepatitis Akut pada Anak

Inhiltoday.com - Program Bual-bual Sehat, Gemilang FM Radio bersama Bidang Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan kali ini mengangkat tema Hepatitis Akut pada Anak, Rabu (18/5/2022).

Program acara yang dipandu Zulkifli dengan menghadirkan narasumber dr Karlince Sitanggang, Sp.A, yang merupakan dokter spesialis anak RSUD Puri Husada Tembilahan membahas bahaya dan cara pencegahan sejak dini penyakit hepatitis akut pada anak.

Dijelaskan dr Karlince Sitanggang, SPA penyakit hepatitis akut pada anak biasanya akan lebih mudah menyerang anak dengan kondisi daya tahan tubuh rendah.

"Anak-anak yang dayatahan tubuhnya rendah akan lebih beresiko terjangkit Hepatitis Akut, jadi perlu di waspada bagi anak-anak yang auto imun dan daya tahan tubuh rendah, ini yang harus di waspadai sekali," ungkap Dokter Karlince.

Diungkapkannya, gejala hepatitis akut sama dengan gejala yang hepatitis biasa, seperti mual, muntah, nyeri perut, mencret, badan sakit, lemah, letih, lesu dan tidak nafsu makan.

"Biasa juga disertai, mata kuning, Badan kuning dan terasa gatal, tinja berwarna pucat dan urin kencing seperti berwarna air teh. Sesak nafas hingga hilangnya kesadaran," beber dokter spesialis anak ini.

Sementara untuk penularannya, dijelaskan dokter Karlince, karena  penyebabnya belum diketahui pasti jadi belum diketahui seprti apa penularannya. Namun dugaan sementara penularan bisa terjadi karena droplek.

"Bisa jadi penularannya dari  percikan saluran pencernaan atau pun percikan dari saluran pernafasan itu masih di dugaan. Jadi itu harus di waspadai dah hati-hati dan perlu menjaga kebersihan," imbuhnya.

Lanjutnya, Hepatitis akut ini sangat berbahaya, menilik dari kasus hepatitis akut di Inggris, dari 163 kasus, 11 anak mendapatkan penangangan transplantasi hati, akibat fungsi hati tidak berfungsi.

Karena itu ia menyarankan, bagi orang tua yang anaknya menujukan gejala hepatitis, agar segera diperiksakan ke fasilitas kesehatan. Karena penyakit ini diungkapkannya belum diketahui pasti penyebabnya.

"Karena penyebabnya belum di ketahui pasti, jadi belum ada pemberian vaksin. Jadi untuk saat ini belum ada. Mudah-mudahan bisa diketahui penyebab pastinya, hingga bisa dibuatkan vaksin nya," pungkasnya.(Galeri Foto/RSUD Puri Husada)

0 Response to "Bual-bual Sehat Gemilang FM Hadirkan Dokter Karlince, Bahas Hepatitis Akut pada Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...