Dokter Halomoan Sosialisasikan Cara Berpuasa Bagi Pasien Diabetes Mellitus

Inhiltoday.com - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan menggelar sosialisasi bagi pasien Diabetes Mellitus agar tetap bisa menjalankan ibadah puasa, Selasa 29 Maret  2022. 

Sosialisasi yang dipusatkan di Poliklinik gedung baru RSUD Puri Husada Tembilahan tersebut bertindak sebagai narasumber, dr Halomoan Budi Susanto, SpPD., Finasim, Dokter Spesialis Penyakit Dalam. 

Dalam pemaparannya dr Halomoan menjelaskan pasien diabetes tetap bisa menjalani ibadah puasa dengan aman, dengan syarat tetap memperhatikan aktivitas fisik dan cara minum obat. 


"Yang perlu diperhatikan, tetap aktif secara fisik dengan memperhatikan kegiatan olahraga yang disarankan. Hindari aktifitas fisik atau olahraga berlebihan selama puasa karena dapat memicu gula darah terlalu rendah," jelas dr Halomoan dalam pemaparannya. 

Lanjutnya lagi yang perlu diperhatikan bagi pasien Diabetes Mellitus adalah cara makan obat. 

"Yang perlu diperhatikan untuk pasien diabetes itu obat, cara makan obat pada bulan ramadhan  ada perbedaan khusus," bebernya. 


Sementara itu untuk gejala Diabetes Mellitus diungkapkan dr Halomoan biasanya penderita diabetes mengalami gejala mudah haus, sering lapar dan sering buang air kecil. 

"Berat badan  juga mengalami penurunan serta mudah lelah dan luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh," pungkasnya.

0 Response to "Dokter Halomoan Sosialisasikan Cara Berpuasa Bagi Pasien Diabetes Mellitus "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...