Kadissos Inhil : Mari Kita Ramah dan Santun kepada Lansia

 

Inhiltoday.com-Kepala Dinas Sosial (Dissos) Indragiri Hilir (Inhil), HM Arifin mengajak segenap masyarakat untuk bersikap santun, ramah dan menghargai orang tua.

Hal tersebut disampaikannya saat memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-25, belum lama ini.

Dipusatkan di Rumah Singgah, perayaan HLUN itu diisi dengan bhakti sosial berupa pemberian pengobatan dan sembako kepada para lansia yang hadir.

Kepala Disos Inhil, HM Afirin menjelaskan beberapa rangkaian kegiatan yang di lakukan hari ini dilakukan untuk menghargai dan menghormati para lansia. 

"Sesuai dengan Tema kita hari ini adalah 'Lansia Bahagia Bersama Keluarga' jadi moment peringatan lansia ini untuk mengedukasi masyarakat terutama kepada keluarga yang ada lansianya agar ramah dan sopan kepada keluarga'," jelas Mantan Kabag Kesra Inhil ini.

Ditambahkan Arifin, disamping memenuhi kebutuhan Lansia, sikap ramah dan santun serta menghargai apalagi kepada yang sudah udzur perlu ditanamka didalam diri keluarga.

"Jadi pada momen peringatan ini, kita ingin mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana keluarga harus sabar dan ramah kepada lansia agar lansia berbahagia bersama keluarga," tuturnya.l

Sementara itu, dalam sambutannya,Bupati Inhil menyebut, Kementerian Dalam Negeri melalui kawat, menginstruksikan kepada seluruh Gubernur, Bupati/ Walikota untuk melaksanakan peringatan HLUN dengan rangkaian kegiatan antara lain yaitu Cek Kesehatan Lansia Gratis, Kunjungan Panti Jompo, dan Kegiatan Bhakti Sosial, yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing sejak tanggal 29 Mei sampai 30 Juni 2021.

"Untuk itu, saya mengarahkan kepada Dinas Sosial selaku leading sektor Program Kesejahteraan Sosial, agar mempersiapkan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional secara koordinatif, dengan melibatkan OPD, Ormas dan LSM terkait, serta disejalankan dengan kegiatan Milad ke-56," ungkap Bupati.
Kegiatan ini dijelaskan Bupati merupakan wujud penghargaan dan ucapan terima kasih, kepada para lansia, dan semua orangtua, atas jasa, pengorbanan dan kasih sayangnya dalam melindungi, membesarkan dan memuliakan harkat serta martabat anak-anaknya. 

"Sebagaimana ungkapan lama mengatakan: Kasih sayang orangtua sepanjang jalan, kasih sayang anak sepanjang galah," urai orang nomor 1 di Inhil ini.

Dalam acara tersebut, Bupati Inhil menyerahkan penghargaan kepada Masri dan Yuliana Daud yang merupakan penggiat sosial di kabupaten Inhil, Bupati juga menyerahkan kartu BPJS untuk para lansia di Yayasan Panti Pondok Bhakti Lansia.
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua K3S Zulaikhah Wardan, Forkopimda, OPD terkait dan para lansia baik itu di dari Yayasan Panti Pondok Bhakti Lansia maupun non Panti.

Sementara itu, berdasarkan Sensus Penduduk Tahun 2020, di Inhil, jumlah penduduk yang berusia antara 54-75 tahun sebesar 71.048 atau 10,84 persen dari total penduduk 654.909 jiwa. Jika merujuk kepada Undang-undang Nomor 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, maka ditetapkan umur lansia adalah 60 tahun ke atas.



0 Response to "Kadissos Inhil : Mari Kita Ramah dan Santun kepada Lansia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...