Zulaikhah Wardan Kukuhkan Pokja Bunda PAUD Inhil

 

Inhiltoday.com-Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menghadiri Pengukuhan Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Kabupaten Inhil yang digelar di Gedung Daerah Engku Kelana Tembilahan, Selasa (23/3/2021).

Sebanyak 15 orang anggota Pokja dikukuhkan oleh Bunda PAUD Inhil, Zulaikhah Wardan. Pembentukan Pokja PAUD sendiri untuk mengoptimalkan PAUD berkualitas di Inhil, melakukan kerjasama secara berkala dan berkesinambungan.


Sasarannya ialah tercipta akselerasi Bunda PAUD dalam menyediakan pelayanan PAUD berkualitas, meningkatkan kualitas PAUD, terciptanya koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Kabupaten Inhil.

Zulaikhah menuturkan bahwa pembentukan Pokja Bunda PAUD Inhil merupakan tindak lanjut dari rakoor di tingkat Provinsi Riau beberapa waktu lalu, juga dalam rangka menyukseskan program Pemkab Inhil yaitu mewujudkan PAUD berkualitas.

"Sesuai dengan Keputusan Bupati Tahun 2020 telah ditetapkan sebanyak 87 lembaga PAUD HI di Indragiri Hilir. Saya harap Pokja Bunda PAUD dan lembaga PAUD yang ditunjuk sebagai PAUD HI ini bertanggung jawab melakukan pembinaan untuk pelayanan PAUD, karena bukan hanya pembentukan lembaga, yang paling penting OPD terkait dapat memprogramkan pembinaan ini kepada lembaga PAUD terutama yang telah ditetapkan sebagai PAUD HI," paparnya.

Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini secara fisik, mental, emosional, dan sosial dipengaruhi oleh pemeliharaan kesehatan, pemenuhan gizi, pendidikan, stimulasi mental, dan psikososial.

Disebutkannya, dalam memenuhi PAUD HI OPD terkait harus membuat program sesuai dengan perannya dalam PAUD HI ini.

"Dinkes dalam rangka memenuhi asupan gizi, bisa melakukan pemberian vitamin atau penimbangan secara berkala. Dari Disdik kurikulum PAUD, dan OPD-OPD lainnya juga," ujarnya.


Bunda PAUD dengan segudang prestasi ini juga mengungkapkan bahwa Program Bunda PAUD Provinsi Riau tahun ini akan melaksanakan monitoring penerapan PAUD HI di setiap Kabupaten.

Sementara itu, Bupati menyebut PAUD HI merupakan suatu komitmen Pemerintah dalam menjamin terpenuhinya hak tumbuh kembang anak.

"Di Indonesia, hal ini tercermin dengan diterbitkannya kebijakan PAUD HI pada Perpres Nomor 60 Tahun 2013 tentang PAUD HI. Semoga hal Ini dapat diimplementasikan secara baik ke seluruh PAUD di Kabupaten Indragiri Hilir," harap Bupati.


Kepedulian Pemkab Inhil dalam pendidikan, juga tampak dari Program 1 Desa 1 PAUD oleh Bupati dan Wakil Bupati di awal masa jabatannya.

"Berkat gerakan paudisasi ini, sekarang di Indragiri Hilir bahkan dalam 1 desa ada beberapa PAUD. Bunda PAUD Indragiri Hilir menjadi Bunda PAUD berprestasi di tingkat Nasional. APK PAUD sekarang mencapai 91,2 persen," pungkasnya.

Usai pengukuhan dilanjutkan dengan Sosialisasi Pengembangan Anak Usia Dini Holostik Integratif (PAUD HI) yang disampaikan oleh Julianti Armi dari Bunda PAUD Provinsi Riau.

0 Response to "Zulaikhah Wardan Kukuhkan Pokja Bunda PAUD Inhil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...