Kadis Perpustakaan Minta Sekolah Tak Gunakan Perpustakaan jadi Kantor dan Majelis Guru

Inhiltoday.com-Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Yulizal meminta kepada sekolah untuk tidak mengalihkan fungsi perpustakaan menjadi kantor kepala sekolah atau kantor majelis guru.

Hal tersebut dikatakannga saat menyerahkan Buku dan Alat Tulis Kantor (ATK) kepada Unit Layanan Perpustakaan (ULP) Kecamatan, serta Surat Keputusan (SK) Pendirian Pustaka Sekolah dan Piagam Penghargaan Penggiat Literasi.

Yulizal menginstruksikan ULP Kecamatan yang menemukan adanya gedung atau bangunan pustaka yang dijadikan kantor Kepsek atau majelis guru, hendaknya disarankan agar dipindah atau dipisah.

"Saat ini, banyak perpustakaan sekolah kita yang tertidur. Karenanya, harus kita bangunkan dari tidurnya terlebih dahulu," ujarnya.

Kemudian, kepada ULP Kecamatan yang menjadi perpanjangan tangan DPAD hingga ke tingkat kelurahan dan desa agar tidak hanya terpaku serta diam di kantor saja selama bertugas.

"Kita jangan sampai hanya menunggu orang datang untuk meminjam buku saja, tapi harus lebih pro aktif lagi ikut terlibat dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan pemerintah setempat dan masyarakat, sambil mempromosikan serta mengajak masyarakat untuk datang dan mencari ilmu-ilmu, baik itu tentang ilmu memasak, bisnis, agama, peluang ekonomi dan lain sebagainya di buku-buku yang ada di perpustakaan," tambah Yulizal.

Terakhir, mantan Kepala Dinas PMD Inhil ini mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah, Atpusi dan Penggiat Literasi yang telah peduli terhadap perkembangan dan kemajuan perpustakaan.

"Marilah kita bergandengan tangan dalam membangun perpustakaan ini. Kami siap untuk terus melakukan pembinaan jika dibutuhkan," tukasnya.


Sumber : indragirione.com

0 Response to "Kadis Perpustakaan Minta Sekolah Tak Gunakan Perpustakaan jadi Kantor dan Majelis Guru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...