Wakil Ketua DPRD Minta Desa Buat Rumah Isolasi untuk Warga yang Baru Datang dari Zona Merah

Inhiltoday.com-Untuk memantau setiap warga yang baru datang ke Indragiri Hilir (Inhil), Riau atau Orang Dalam Pemantauan (ODP), Wakil Ketua DPRD Inhil, Edi Gunawan meminta desa membuat rumah isolasi.

Pembuatan rumah isolasi, dikatakan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu bisa menggunakan dana desa untuk masing-masing desa.

"Ini agar kita lebih mudah mengawasi bagi desa ada warganya yang pulang dari zona merah seperti Malasysia, Jakarta, Surabaya, dan daerah lainnya yang kita anggap zona merah," ujar pria yang akrab disapa Asun tersebut

Ditambahkan Asun, rumah isolasi bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di setiap desa masing-masing dan dibebankan ke anggaran dana desa, termasuk biaya akomodasi selama empat belas hari masa karantina. 

"Manfaatkan satu rumah atau ruangan yang ada di masing-masing desa, manfaatkan dana desa sesuai dengan petunjuk peraturan yang ada," ujarnya.

Ia mengatakan langkah tersebut untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang pulang kampung menjelang bulan ramadhan dan hari raya idul fitri yang tidak lama lagi.

"Ini akan marak orang balek kampung karena mau dekat bulan puasa dan lebaran idul fitri, akan ada seperti mahasiswa yang pulang dari Jogyakarta dan daerah-daerah yang dianggap zona merah," kata Sekretaris DPC PKB Inhil tersebut.

Asun juga mengatakan, rumah isolasi untuk mendukung saling keterbukaan di masyarakat karena masih ada masyarakat yang enggan menyampaikan riwayat perjalanannya karena takut di tolak atau dikucilkan.


"Kalo asli orang kampung sini tak mungkin kita menolaknya dia mau pulang kampung, dari pada nanti dia tidak jujur lebih baik kita saling terbuka agar lebih mudah kita melakukan pengawasan, jika dia datang dari zona merah langsung saja dikarantina dirumah isolasi selama empat belas hari, jika dia tidak apa-apa silahkan membaur bersama masyarakat," tutup Asun. 

0 Response to "Wakil Ketua DPRD Minta Desa Buat Rumah Isolasi untuk Warga yang Baru Datang dari Zona Merah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...