Dihadiri Wabup dan Dandim Inhil, LBDH Gelar Tasyakuran dan Silaturahmi


Inhiltoday.com-Laskar Banjar Dalas Hangit (LBDH) DPC Tembilahan menggelar tasyakuran dan silaturahmi bersama anggota LBDH. Acara tersebut diadakan di Sekretariat Laskar Banjar Dalas Hangit - Kecamatan Tembilahan, Jalan Pangeran Hidayat No. 3 Tembilahan, Parit 13 Jembatan 1 
Selasa malam (31/12/2019).

Hadir dalam kegiatan ini Dewan Penasehat dan Pelindung LBDH yang juga Wabup Inhil, Syamsuddin Uti (SU), Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal, KH. Ahmad Tarmidzi (Guru Rantau Tapin Kalsel), H Amir (Bos Batu Bara Binuang Tapin Kalsel), Panglima Tinggi LBDH AKP (Purn) Suhaimi Syam Bendum DPP LBDH Daman Arsa Nova, Ketua LBDH Tembilahan Samsul beserta jajaran pengurus dan anggota, Ketua MPI Loli Indra Wan, Beserta jajaran pengurus dan anggota Wakil Ketua LBDH Teluk Jira, Amat N dan Beserta jajaran pengurus dan anggota dan undangan lainnya 

Dewan Penasehat dan Pelindung LBDH, Syamsuddin Uti (SU) 
menjelaskan kegiatan tasyakuran dan silahturahmi tersebut digelar untuk memperkuat rasa kekeluargaan antar pengurus dengan anggota agar tetap solid.

“Memperkuat hubungan antara pengurus dan anggota ini salah satu upaya yang dilakukan agar semangat dan loyalitas temen-temen terbentuk,” jelas SU

Abah  menambahkan dari cara sederhana, kedepan pengurus dan anggota kelurga besar LBDH  bisa saling menguatkan, terutama semangat dalam berorganisasi.

LBDH tidak bertujuan memecah belah persatuan dan kesatuan, tetapi untuk turut bersama dalam membangun dan memajukan daerah.

Tidak hanya ada di ibu kota kabupaten, kini, Laskar Banjar Dalas Hangit (LBDH) sudah merambah sampai ke semua kecamatan yang ada di Inhil.

Dengan jumlah anggota mencapai ribuan orang tersebut, organisasi yang menjadi tempat berkumpulnya warga suku Banjar ini terus memperlihatkan ekstensinya.

Dewan Penasehat dan Pelindung LBDH, SU menjelaskan, meski jarak tempuh setiap kecamatan di Inhil sangat jauh, namun tidak menyurutkan semangat untuk terus mengembangkan sayap organisasi ini. 

"Alhamdulillah untuk 20 Kecamatan sudah lama rampung kepengurusannya, jadi saat ini kami semua tinggal mengembangkan kepengurusan yang ada di kecamatan," ujar Syamsudin Uti yang juga Wakil Bupati (Wabup) Indragiri Hilir (Inhil) 

"Mari kita bersama-sama sesuai papadahan banjar, yakni ruhui rahayu, rakat mupakat, tuntung pandang. Haram manyarah waja sampai kaputing," pesannya.

Ia berharap, seluruh pengurus terus bersemangat mengembangkan LBDH ini. 

"LBDH adalah tempat bertukar pikiran dan mengembangkan Kebudayaan Banjar, jadi orang-orang Banjar ayo bergabung, " Lanjutnya 

Untuk diketahui, LBDH merupakan organisasi paguyuban Banjar. Dalas Hangit adalah peribahasa orang Banjar yang artinya, Semangat Baja,  Pantang Mundur. 

Jika diartikan Laskar Banjar Dalas Hangit adalah pengawal atau prajurit suku Banjar yang memiliki semangat dan tekad yang kuat, pantang mundur mengangkat dan menjaga marwah Banjar. 

Akan hal ini, LBDH tetap menyuarakan selogan orang Banjar yaitu " Haram Menyarah Waja Sampai Keputing". Melambangkan salah satu papadahan atau pesan Pengeran Antasari ( Sultan Banjar), artinya adalah berusaha sampai akhir, tidak boleh menyerah, tidak mudah putus asa. 

Maksud dari pesan Pengeran Antasari tersebut, adalah untuk menyemangati pasukannya agar tidak menyerah saat melawan penjajah belanda, hingga tetes darah penghabisan. Dan slogan yang akrab di telinga para orang-orang Banjar ini memberi dampak psikologis yang positif terlebih juga buat bubuhan Banjar  LBDH Kabupaten Inhil. 

Sedangkan  dalam Tausyiahnya 
KH. Ahmad Tarmidzi (Guru Rantau Tapin Kalsel)  Sambunglah silaturahmi ini dengan berlemah lembut, berkasih sayang, wajah berseri, memuliakan, dan dengan segala hal yang mudah dikenal manusia dalam menyambung silaturahmi. Dengan silaturahmi, pahala yang besar akan diperoleh dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Silaturahmi menyebabkan seorang hamba tidak akan putus hubungan dengan Allah di dunia dan akhirat.

"Saya do'akan Mudah-mudahan LBDH Kabupaten Indragiri Hilir lebih maju lagi dan berkembang", doanya.
Editor : Rida Ayu Agustina

0 Response to "Dihadiri Wabup dan Dandim Inhil, LBDH Gelar Tasyakuran dan Silaturahmi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Memuat...